Cerita Rakyat Cindelaras dari Jawa Timur

ngancati.net Cindelaras adalah sebuah cerita rakyat berasal dari Jawa Timur yang menceritakan tentang kehidupan di suatu kerajaan. Permaisuri yang baik hati dan permaisuri yang iri kepadanya.

  • Tokoh
  • Cindelaras anak yang baik, tampan dan gagah berani
  • Raja , Permaisuri , Selir serta ayam peliharaan Cindelaras.

Dongeng rakyat indonesia Cindelaras dan Ayam Jago Peliharaanya

Dahulu ada sebuah kerajaan di daerah Jawa Timur yang dipimpin oleh seorang raja bernama Baginda Raden Putra. Raja di dampingi oleh seorang permaisuri yang cantik dan baik hati dan seorang selir raja yang mempunyai sifat iri kepadanya. Baginda Raden Putra hidup bersama kedua istrinya di kerajaan dan dikelilingi oleh rakyatnya. Pada saat itu permaisuri sendang hamil tua namun di sisi lain permaisuri yang jahat menginginkan agar dirinya bisa menjadi permaisuri bukan selir lagi. Selir tersebut membuat suatu rencana jahat pada permaisuri dengan menebar fitnah kepadanya.

Cerita Rakyat Cindelaras dan Ayam Jago Peliharaanya

Permaisuri yang berniat jahat dibantu oleh tabib istana melakukan aksi nya. Yaitu dengan cara Selir berpura-pura sakit parah , kemudian tabib yang telah bersekongkol dengan permaisuri memeriksa dan mengakatan bahwa” Selir sakit karena diracuni”. Baginda raja yang mendengar kejadian itu lantas mencari tahu siapa yang meracuni selir. Baginda memanggil tabib ke ruanganya , dan menanyakan siapa yang telah meracuni selirku “ada seseorang yang mulia sengaja meracuni selir , ia adalah permaisuri “ dengan menyebarkan fitnah tersebut membuat baginda raja sangat marah. Raja begitu percaya dengan tabib tersebut dan mengutus patih memanggil permaisuri.

Begitu murka sang raja kemudian raja langsung menyuruh patih membawa orang yang meracuni selir ke tengah hutan dan menyuruh membunuh nya. Permaisuri yang menjadi tersangka karna telah di fitnah tidak bisa berbuat banyak , permaisuri di bawah patih ke tengah hutan. Akan tetapi patih yang baik hati tadi tidak membunuh permaisuri, rupanya patih sudah mengetahui niatan jahat selir kerajaan yang ingin merebut tahta permaisuri. “permaisuri tidak perlu khawatir , saya sudah tahu kejadian yang sebenarnya. Saya akan melaporkan kepada baginda jika permaisuri sudah saya bunuh”ucap patih. Kemudian Patih mencari buruan di hutan dan menemukan seekor kelinci. Lantas mengusap darah kelinci ke pedangnya sehingga bisa digunakan untuk alasan telah membunuh permaisuri.

Patih kembali ke istana dan membuat laporan kepada baginda raja bahwa telah melaksanakan perintah untuk membunuh permaisuri. Selir sangat senang mendengar kabar tersebut dan kehidupan kerajaan berubah. Selir menjadi satu-satunya istri baginda raja dan diangkat menjadi permaisuri. Beberapa bulan tinggal di hutan dengan kondisi perut yang semakin besar, permaisuri melahirkan seorang anak laki-laki yang tampan. Anak itu diberi nama Cindelaras tumbuh dewasa bersama permaisuri di hutan. Cindelaras adalah anak yang baik dan sangat sayang pada ibunya. Kehidupan di hutan sejak kecil membuat Cindelaras banyak berteman dengan hewan penghuni hutan.

Pada suatu hari ketika Cindelaras bermain di hutan ,ia melihat seekor burung cendrawasih menjatuhkan sebutir telur ayam. Kemudian Cindelaras mengambil telur tersebut dan mempunyai niatan untuk menetaskan telur. Tiga minggu berlalu telur yang di rawat cindelaras menetas menjadi seekor ayam jantan yang gagah nan berani. Cindelaras  senantiasa merawat ayam tadi sampai tumbuh besar. Namun ada suatu hal yang istimewa dari ayam miliknya “kukuruyyyyyuuuuuk….. Tuanku Cindelaras, Rumahnya di tengah Hutan , ayahnya raden Putra.”kokokan ayam jago. Kokokan itu tentu sangat berbeda dengan ayam lainnya.

Lanjut untuk membaca Cerita dongeng rakyat Cindelaras – Cindelaras pulang kerumah dan menceritakan tentang ayamnya yang bisa berkokok seperti itu. Dan menanyakan maksud dari kokokan ayam itu kepada ibunda. “sang ibu menceritakan kejadian yang sebenarnya terjadi kepada cindelaras”. Setelah mendengar cerita dari ibunda cindelaras berniat untuk berbaur dengan masyarakat dengan niatan agar bisa masuk istana. Cindelaras pergi di temani dengan ayam jago miliknya.

Baca Juga :

Cerita Legenda Indonesia Si Pitung Banteng Betawi

Dongeng Rakyat Sangkuriang

Dongeng Rakyat Lutung Kasarung

Disuatu kampung cindelaras melihat sekumpulan warga yang sedang asyik berkumpul, cindelaras lantas mendatangi nya dan ternyata warga sedang asyik mengadu ayam. Sambil terus mengamati adu ayam ada seorang warga berteriak pada cindelaras” boleh diadu ayam punya kamu denganku”ucap salah seorang warga. Cindelaras yang mendapat tantangan itu mengiyakan dan bersedia mengadu ayam miliknya.Ayam cindelaras diturunkan ke tempat pertarungan, tidak butuh waktu lama untuk ayam cindelaras bisa mengalahkan ayam penantang. Satu persatu ayam tumbang. Kabar kemenangan ayam cindelaras menjadi buah bibir warga sekitar, sampai kabar tersebut terdengar di kerajaan. Raja yang juga suka dengan mengadu ayam menyuruh kepada patih agar menyampaikan maksud undangan pada cindelaras mengadu ayam miliknya dengan ayam sang raja.

Cindelaras yang mendapatkan undangan tersebut dengan senang hati menerimanya, karna cindelaras berharap bisa melihat baginda raja yang merupakan ayah kandung cindelaras  serta mempunyai maksud memberi tahu kejadian sebenarnya yang terjadi di kerajaan. Pada hari pertarungan dimulai cindelaras datang ke kerajaan dengan membawa ayam jago sesampai di kerajaan cindelaras disambut oleh sang raja ” hamba menghadap baginda” ucap cindelaras. Kemudian pertarungan sambung ayam dimulai , raja memppunyai dua ekor ayam aduan yang siap melawan ayam cindelaras. Ayam pertama di turunkan namun tidak butuh waktu lama buat ayam jagoan cindelaras mengalahkan ayam sang raja. Raja yang kurang terima dengan itu kembali menurunkan ayam keduanya , pertarungan sengit terjadi . ayam yang kedua ini agak sulit untuk di takhlukan. Setelah lama bertarung sengit akhirnya ayam raja tumbang dengan bercucuran darah. Warga yang berkumpul melihat pertarungan itu bersorak ramai.

Raja mengakui kekalahan ayamnya dari cindelaras dan kemudian menanyakan kepada cindelaras tentang asal usulnya. “siapa kau wahai anak muda, dari mana asalmu” ucap raja. Cindelaras tidak menjawab nya langsung. Akan tetapi cindelaras memegang ayamnya dan membisikkan sesuatu “kukuruyyyyyuuuuuk….. Tuanku Cindelaras, Rumahnya di tengah Hutan , ayahnya raden Putra.” terdengar kokokan ayam yang berulang-ulang. Raja terheran mendengar kokokan ayam tersebut. Bertanya “apakah benar anak muda”??. Cindelaras menjawab “ benar baginda, saya adalah cindelaras ibu saya adalah permaisuri baginda raja”.

Dongeng cerita rakyat Ayam Jago Cindelaras – Patih yang sudah tahu kejadian itu sejak dulu langsung menghadap ke baginda raja “mohon maaf baginda, anak muda ini benar”. Lalu patih menceritakan kejadian sebenarnya kepada baginda raja. Dengan amarahnya mendengar kebenaran cerita baginda raja murka dan langsung menyuruh melakukan hukuman yang setimpal kepada selir jahat. Permaisuri di jemput oleh patih dan kembali tinggal di kerajaan bersama cindelaras serta ayam jago nya. Kehidupan mereka di kerajaan yang semakin damai dan sejahtera , setelah umur yang tua Cindelaras mengambil tahta kerajaan dan memimpin rakyat dengan baik. Warga kerajaan sangat bahagia dengan kepemimpinan Cindelaras yang bijaksana.

Itulah cerita tentang Cindelaras dan Ayam Jago Peliharaanya , amanah yang dapat diambil dar kisah tersebut adalah “ jangan mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain, lebih baik mencari tahu kebenaran akan hal itu terlebih dulu “.

Incoming search terms:

  • Ringkasan cerita cindelaras
  • cerita rakyat cindelaras dalam bahasa jawa
  • tokoh dalam cerita cindelaras
  • unsur intrinsik cerita rakyat cindelaras
  • siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita cindelaras
Cerita Rakyat Cindelaras dari Jawa Timur | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*