Kumpulan Contoh Dongeng Parabel Bahasa Sunda – Hakim Yang Adil

Kumpulan Contoh Dongeng Parabel Bahasa Sunda – Masyarakat jawa barat atau lebih sering dikenal dengan orang sunda mempunyai banyak sekali unsur budaya yang masih erat. Salah satunya dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas sebuah cerita parabel dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan juga Bahasa Sunda. Selain cerita masih banyak lainnya yang menarik perhatian dari masyarakat sunda , seperti halnya makanan khas sunda, lagu sunda, tarian dan masih banyak lagi lainnya. Untuk pembahasan mengenai itu akan kita ulas di kesempatan lain waktu..Silahkan ke pokok pembahasan utama yakni mengenai kumpulan cerita dongeng parabel bahasa sunda. Lanjut membaca….

Dongeng Parabel Dalam Bahasa Indonesia – Hakim Yang Adil

Kumpulan Contoh Dongeng Parabel Bahasa Sunda- Hakim Yang Adil – Beberapa ratus tahun lalu, ada seseorang hakim di Cina bernama Duan Guangqin. Ia terkenal sebagai hakim yang adil.Satu hari, Duan Guangqin jalan-jalan di satu pasar. Ia tertarik lihat beberapa orang yang berkumpul di toko ayam. Ia selekasnya mendatangi kerumunan itu untuk mencari tahu apa yang terjadi. Nyatanya, seseorang petani sudah menjatuhkan satu karung yang berat ke atas seekor ayam sampai ayam itu mati. Ayam yang mati itu masihlah kecil dan cuma bernilai sebagian sen. Namun, si yang memiliki toko yang kikir memaksa si petani membayar ubah rugi seratus sen.

cerita rakyat bahasa sunda indonsia

Si yang memiliki toko memiliki pendapat kalau ayam kecil itu akan tumbuh jadi ayam besar yang harga nya seratus sen. Jadi, si petani mesti membayar seratus sen. Salah seseorang dari kerumunan itu mengetahui Duan Guangqin. ” Buat ketentuan yang adil atas masalah ini, Yang Mulia, ” kata orang itu. ” Orang ini sudah asal-asalan menjatuhkan karungnya hingga membuat ayamku mati. Ayam ini akan dihargai seratus sen dalam dua tahun lagi. Tersebut kenapa saya memohonnya membayar seratus sen, ” kata si yang memiliki toko pada Duan Guangqin. Duan Guangqin mengangguk dan berkata, ” Harga ayam ini seratus sen. Jadi, kau mesti membayar seratus sen, ” kata Duan Guangqin pada petani.

Dongeng parabel bahasa sunda singkat Kerumunan orang itu tertegun mendengar ketentuan Duan Guangqin yg tidak terasa kasihan pada si petani tua yang miskin.Sesaat, si yang memiliki toko senang sekali mendengar ketentuan itu. ” Kau memanglah adil, Yang Mulia, ” kata si yang memiliki toko sembari menciumi tangan Duan Guangqin. “Tidak ada hakim yang lebih adil darimu, ” tuturnya lagi.” Hukum senantiasa adil. Katakan padaku, berapakah banyak gandum yang dikonsumsi ayam dalam satu tahun? ” bertanya Duan Guangqin pada yang memiliki toko.

” Sekitaran 1/2 karung, ” kata yang memiliki toko. ” Jadi, dalam dua tahun ayam itu menggunakan sekarung gandum, bukan? ” kata Duan Guangqin. ” Kau berikanlah sekarung gandum pada petani sebagai ubah pembayarannya seratus sen, ” perintahnya pada yang memiliki toko. Muka yang memiliki toko beralih pucat. Ia paham kalau harga sekarung gandum kian lebih seratus sen. Kerumunan orang itu berteriak senang dan bertepuk tangan. Mereka memberikan pujian pada kehebatan dan keadilan Duan Guangqin. Si kikir yang memiliki toko juga memperoleh pelajarannya.

Pesan Moral dari Contoh Dongeng Parabel Cina yaitu janganlah jadi manusia kikir. Jadilah anak yang murah hati dan bijaksana. Kasihanilah orang miskin dengan menyisihkan duit jajanmu dan rnemberikannya pada mereka.

Baca Juga :

Dongeng Mitos Bahasa Sunda Indonesia

Contoh Dongeng Sage Bahasa Sunda Indonesia

Dongeng Parabel Dalam Bahasa Sunda – Hakim Yang Adil

Kumpulan Contoh Dongeng Parabel Bahasa Sunda – Hakim Yang Adil – Sababaraha ratus taun ka tukang,aya hiji jalma hakim di Cina namina Duan Guangqin. Manehna kakoncara minangka hakim anu adil.Hiji dinten,Duan Guangqin jalan-jalan di hiji pasar. Manehna kabetot tingal sababaraha jalmi anu ngariung di toko hayam. Manehna selekasnya nyumpingan kerumunan eta kanggo pilari terang naon anu lumangsung. Tela na,hiji jalma patani atos ngalabuhkeun hiji karung anu abot ka luhur seekor hayam dugi hayam eta nilar. Hayam anu nilar eta masihlah alit sarta mung bernilai sapalih sen. Nanging,si anu ngabogaan toko anu pedit maksa si patani mayar robah rugel saratus sen.

cerita rakyat bahasa sunda indonsia

Si anu ngabogaan toko ngabogaan pamadegan lamun hayam alit eta bade tumuwuh janten hayam ageung anu pangaos na saratus sen. Janten,si patani kedah mayar saratus sen. Lepat hiji jalma ti kerumunan eta terang Duan Guangqin. ” Kanggo katangtuan anu adil luhur masalah ieu,Anu Megah, ” sanggem jalmi eta.

” Jalmi ieu atos kawit-asalan ngalabuhkeun karungnya dugi midamel hayam kuring nilar. Hayam ieu bade dihargaan saratus sen dina dua warsih deui. Kasebat naha abdi memohonnya mayar saratus sen, ” sanggem si anu ngabogaan toko dina Duan Guangqin. Duan Guangqin unggeuk sarta nyarios, ” Pangaos hayam ieu saratus sen. Janten,anjeun kedah mayar saratus sen, ” sanggem Duan Guangqin dina patani.

Contoh dongeng parabel bahasa sunda Kerumunan jalmi eta huleng ngadenge katangtuan Duan Guangqin anu henteu karasaeun watir dina si patani sepuh anu miskin.Sajongjonan,si anu ngabogaan toko gumbira kalintang ngadenge katangtuan eta. ” Anjeun memanglah adil,Anu Megah, ” sanggem si anu ngabogaan toko sembari ngagalentoran panangan Duan Guangqin. Teu aya hakim anu langkung adil ti anjeun, ” ceuk na deui. ” Hukum sok adil. Katakan dina kuring,berapakah seueur gandum anu dikonsumsi hayam dina hiji warsih? ” naros Duan Guangqin dina anu ngabogaan toko.

” Sekitaran 1/2 karung, ” sanggem anu ngabogaan toko. ” Janten,dina dua warsih hayam eta ngagunakeun sekarung gandum,sanes? ” sanggem Duan Guangqin. ” Anjeun berikanlah sekarung gandum dina patani minangka robah pamayaran na saratus sen, ” parentah na dina anu ngabogaan toko.

Beungeut anu ngabogaan toko gentos pucet. Manehna ngartos lamun pangaos sekarung gandum beuki langkung saratus sen. Kerumunan jalmi eta ceuceuleuweungan gumbira sarta bertepuk panangan. Maranehanana mikeun pangaleman dina kehebatan sarta kaadilan Duan Guangqin. Si pedit anu ngabogaan toko oge meunang palajaran na. Talatah Moral ti Conto Dongeng Parabel Cina yaktos ulah janten jalmi pedit. Jadilah anak anu mirah hate sarta wijaksana. Kasihanilah jalmi miskin kalawan ngagehan artos jajan anjeun sarta rnemberikannya dina maranehanana.

Demikianlah sedikit cerita dari kumpulan dongeng parabel bahasa sunda yang bisa kami berikan , semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca cerita menarik lainya di website kami. Terimakasih

Incoming search terms:

  • contoh percakapan bahasa lampung beserta artinya
  • cerpen bahasa madura
  • percakapan bahasa indramayu
  • carpon kahirupan sapopoe
  • contoh percakapan bahasa lampung dialek o
Kumpulan Contoh Dongeng Parabel Bahasa Sunda – Hakim Yang Adil | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*