Cerpen Dongeng Anak Sebelum Tidur

ngancati.net – Sebelum membaca Cerpen dongeng berikut, mungkin bagi sebagian pembaca yang belum tahu menahu mengenai cerita pendek atau di singkat cerpen dongeng bisa membaca sedikit kutipan ini (bagi yang sudah langsung saja baca cerita nya). Pada dasarnya keduanya mempunyai persamaan yaitu berbentuk cerita, akan tetapi ada beberapa perbedaan di antaranya :

Perbedaan Cerpen Dongeng :

  • Cerita adalah suatu bentuk prosa, narasi fiktif yang banyak mengandalkan pemeran utama atau sering di sebut tokoh. Menggunakan plot, tema dan bahasa yang digunakan secara luas.
  • Sedangkan
  • Dongeng adalah sebuah cerita fiktif ataupun kisah nyata dan mengandung makna, pesan moral.

Cerpen Dongeng Untuk Anak Terbaru

Cerpen Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur

Kecerdikan Seekor Kucing Merobek Drum

Suatu Hari , seekor kucing sedang berkeliaran mencari makanan. Saat kucing itu berkeliaran ia melihat sebuah Drum yang sangat besar, dikiranya di dalam drum itu terdapat banyak makanan. Kemudian kucing mencoba untuk membuka drum yang cukup besar, namun sangat kesusahan. Dia mencoba memukuli drum berpikir drum tersebut dapat robek. Sampai terdengar suara karna terus menendang-nendang drum tersebut.

Di tempat lain ada seekor anjing yang mendengar suara drum. Anjing bergegas menghampiri karna ia tertarik  dengan suara nya. Sampai di dekat drum anjing melihat seekor kucing yang menendang-nendang. Kucing yang dari tadi mencari akal untuk membuka drum mendapatkan sebuah ide, ia berpikir jika tenaga anjing lebih besar sehingga bisa merobek drum dan kemudian ia bisa menikmati makanan di dalam drum.

“Yang Mulia, di dalam sana ada banyak hewan yang bisa kamu santap”ucap kucing ke anjing. ”benarkah” sahut anjing. Terus terusan kucing mengompori anjing, hingga akhirnya anjing percaya. Tak lama anjing dengan cakaran kaki yang besar mulai menendangi bagian atas drum, drum itupun terbuka namun tak ada satu pun hewan atau makanan di dalamnya. Anjing sangat marah dengan kucing, “kau menipu saya, buang-buang waktu saja” dengan nada marah. Anjing yang marah dan juga lapar mengancam akan memakan si kucing, Tanpa menjawab apa pun kucing lari terbirit-birit dan bersembunyi.

Pesan moral : Jangan suka berbohong

Seekor kerbau yang sabar

Di sebuah Hutan hiduplah seekor kerbau dan seekor monyet yang nakal, monyet yang nakal itu selalu menggangu kerbau. Monyet sering kali melemparkan bekas apa yang dimakan ke si kerbau , kulit kacang dilemparnya ke punggung kerbau, namun kerbau tetap sabar.

Tak terlalu memikirkan nya. Hewan-hewan di hutan yang melihatnya begitu heran , kenapa kerbau diam saja. Padahal sering sekali monyet menganggu dirinya. Suatu hari ada kawanan hewan mendatangi kerbau dan bertanya” kenapa kau diam saja kerbau, monyet itu slalu menganggu dirimu”. Kerbau tidak menjawab , hanya saja tersenyum kecil. Kawanan hewan yang melihat senyum kerbau kembali bertanya. Kali ini ada seekor gajah “ kau tidak berani kerbau dengan nya??, badanmu lebih besar kau jelas menang melawnya”. “dengan tenang kerbau tersenyum.

Setelah diajukan beberapa pertanyaan kepadanya akhirnya si kerbau menjawab “Justru saya sangat berterima kasih kepada monyet, ia telah menolong saya”. Menolong apa, sahut hewan lainya “ monyet menolong melatih kesabaran akan diriku”. Monyet yang mendengarkan percakapan kerbau dari atas pohon merasa sangat malu. Monyet mendatangi kerbau dan meminta maaf. “ Maaf kerbau, aku selalu menganggumu “. “Tidak apa monyet ,justru aku berterima kasih padamu”sahut kerbau. Kemudian monyet dan kerbau menjadi teman baik.

Pesan moral : Kesabaran akan mendapat hasil terbaik.

Cerpen Dongeng Anak Sebelum Tidur

Cerita Cinta Singa yang Malang

Di sebuah hutan hiduplah seorang Singa yang sedang jatuh cinta pada seorang penebang kayu yang sering ia jumpai di hutan. Singa selalu memperhatikan gadis penebang kayu dan menjaga nya dari binatang buas lainnya. Suatu hari singa yang setiap hari hanya memperhatikan gadis penebang kayu dari kejauhan, singa memberanikan diri untuk mendekati gadis itu.

Gadis penebang kayu sangat ketakutan dengannya. “Bolehkah aku memegang tanganmu putri” kata singa. Gadis itu hanya terdiam dan takut, ia berpikir jika menolak pasti akan di terkam oleh si singa. Namun singa berusaha agar gadis penebang kayu tidak takut dengannya. “bisa kamu memegang tanganku tapi ada satu syarat” kata gadis itu. “Apa itu”. “ Kamu bisa memegang tanganku asalkan taringmu yang tajam dan kuku yang seperti pisau di kakimu itu di potong”. Singa yang jatuh hati pada gadis itu menuruti apa kata gadis, dan memotong gigi serta kuku tajamnya.

Setelah di potong gigi serta kuku singa, benar sekali gadis penebang kayu sudah tidak takut lagi. Akan tetapi gadis merasa singa itu sudah tidak berbahaya lagi , kemudian gadis mengusir singa itu dengan memukulnya. Singa yang tak bisa melawan akhirnya lari masuk ke hutan.

Pesan moral : Jangan mudah terlena.

Ikan Besar yang Rakus

Di sebuah sungai yang sudah kering karna hujan tak kunjung turun. Di kolam itu terdapat seekor ikan besar , dua ikan kecil, Cumi dan seekor Kepiting. Kehidupan sungai yang kering membuat mereka kesusahan mendapat makanan. Hanya lah di air dalam mereka bisa mendapatkannya. Suatu waktu dua ikan kecil, cumi serta kepiting sedang berkumpul memikirkan bagaimana mereka bisa mendapatkan makanan, kemudian tak lama Ikan besar datang menghampiri mereka. ”Ayo teman-teman ikut denganku, aku akan membawa kalian ke air dalam. Di sana banyak sekali makanan” kata ikan besar. Ikan kecil, cumi serta kepiting memikirkan tawaran dari ikan besar, dan akhirnya mereka mau ikut dengannya. “ tapi aku tidak bisa membawamu sekaligus , aku akan membawa kalian satu persatu”. Kata ikan “baiklahh serentak menjawab.

Dua ikan kecil ikut dengannya , dengan alih mengajak ke air dalam ikan besar merencanakan sesuatu. Karna ikan besar juga tidak tahu akan mencari makanan dimana. Dua ikan kecil yang ikut dengannya diajak ke sebuah tempat dan tiba-tiba ikan besar yang rakus memangsanya.

Siang harinya ikan besar kembali ke si cumi dan kepiting “mereka sudah sampai disana, sekarang giliran siapa”kata ikan besar jahat. Cumi maju dan mengikuti ikan besar, dalam perjalanan cumi mendapat nasib yang sama dengan dua ikan kecil yaitu di mangsa ikan besar.

Tiba giliran terakhir, pada malam hari ikan besar mendatangi kepiting. Lalu mereka berjalan mengikuti arahan ikaan besar. Ikan besar yang sudah lapar tak sabar lagi memangsa kepiting “ikan itu menyergap kepiting dan menggigit cangkang kepiting”. Saat mulai menelan kepiting,  cangkangnya yang sangat keras nyangkut di leher ikan besar, tak dapat ditelan nya. Hingga akhirnya ikan besar itu kesakitan lalu mati.

Pesan moral : Bersifat rakus tidak akan membawa kebaikan.

Itulah tadi beberapa cerita untuk anak sebelum tidur semoga dapat menghibur anda para pembaca..

Incoming search terms:

  • dongeng kucing dan ikan
  • drama hewan 6 tokoh
  • permasalahan kelinci dan anjing petani
  • cerita joko tingkir bahasa inggris dan indonesia
  • cerkak tema kebudayaan
Cerpen Dongeng Anak Sebelum Tidur | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*