Cerita Sejarah Asal Usul Kota Kediri Lengkap

Cerita Sejarah Asal Usul Kota Kediri Lengkap Berikut ini adalah sebuah ceita rakyat yang kami sajikan tentang asal usul sebuah kota di daerah jawa timur , lebih tepatnya kota kediri. Mungkin sudah tidak asing lagi jika kita membahas kota ini yang identik dengan kampung inggris..yapss benar sekali di kediri terdapat suatu tempat dimana semua orang dari penjuru nusantara sering berdatangan ke kota ini untuk mahir berbahasa inggris, letak tempatnya adalah di Pare, Kediri Jawa Timur. Namun pada artikel kali ini yang akan kita bahasa adalah khusus mengenai asal usul kota kediri. Berikut kisah lengkapnya..

Kabupaten Kediri yaitu kabupaten di Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan ada di Kediri walau perpindahan pusat pemerintahan ke Pare sudah lama direncanakan dan bahkan juga saat ini dibatalkan. Pada akhirnya sekarang ini ibu kota Kabupaten Kediri dengan cara de jure ada di Kecamatan Ngasem. Kabupaten ini bersebelahan dengan Kabupaten Jombang di utara, Kabupaten Malang di timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung di selatan, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo di barat, dan Kabupaten Nganjuk di barat dan utara. Kabupaten Kediri mempunyai luas lokasi 963, 21 km² dengan 26 kecamatan.

Pada jaman dulu, di daerah yang saat ini dimaksud Kediri, berdirilah satu kerajaan besar. Nama Kerajaannya yaitu ” Kerajaan Medang “. Satu diantara rajanya yang populer bernama Prabu Airlangga beliau datang dari Bali. Beliau jadi Raja Medang sesudah menikah dengan putri dari Raja medang sebelumnya. Pada Waktu umur Prabu Airlangga telah tua, ia ingin jadi pertapa dan tahta Kerajaan Medang akan diserahkan pada putri Dyah Sangramawijaya anak dari permaisurinya yang cuma seseorang. la yaitu seseorang putri yang cantik jelita. Tetapi, sang Putri menolak tahta itu, sang putri lebih pilih jadi pertapa dari pada jadi seseorang ratu yang bergelimang harta, sang putri pada akhirnya terima restu dari ayahnya untuk jadi pertapa. Putri Dyah Sangramawijaya bertapa di Goa Selomangleng dan mengubah namanya jadi Dewi Kilisuci.

asal usul Kota Kediri

Asal Usul Kota Kediri

Asal Usul Kota Kediri Singkat – Lantaran sang putri menolak pemberian tahta, jadi Prabu Airlangga lantas berkemauan menyerahkan tahta kerajaan pada putranya yang datang dari selir. Permasalahan juga nampak lagi, karna sang selir mempunyai dua orang putra. Ke-2 putranya bernama Raden Jayengrana dan Raden Jayanagara. Prabu Airlangga bingung bila mesti pilih satu diantara di antara mereka, karna bila diambil satu diantara, akan menyebabkan iri hati bahkan juga peperangan nanti.

Diutuslah Empu Baradha orang keyakinan sang Prabu untuk pergi ke Bali dengan maksud memohon tahta kerajaan punya Prabu Airlangga di Pulau Bali untuk diberikan pada satu diantara putranya. Nyatanya tahta raja punya Prabu Airlangga di Bali telah diberikan pada adik prabu Airlangga yang bernama anak Wungsu.
Gagasan sang Prabu tidak berhasil lagi.

Kerajaan Medang dibagi dua dan Asal Usul Sungai Brantas, Lihat sang Prabu yang tengah bersedih, Empu Baradha ajukan jalan keluar atas persoalan pelik tsb. Sesudah memperoleh restu dari Raja, Empu Baradha terbang sembari membawa kendi diisi air. Dari atas, sang Empu dapat lihat dengan cara terang batas-batas kerajaan Medang, setelah tiba pas ditengah-tengah kerajaan medang, beliau mengucurkan air kendinya untuk jadi batas, membagi dua kerajaan Medang. Air yang jatuh ke tanah dari tumpahan kendi itu mendadak jadi sungai, sungai tersebut yang di sebut Sungai Brantas. Kerajaan Medang samping timur diberi nama kerajaan Jenggala dan diserahkan pada Raden Jayengrana! sedang sisi barat sungai dinamakan Kerajaan Kediri dan diberikan pada putraku Raden Jayanagara.

Histori Kediri

Histori berdirinya Kabupaten Kediri dapat digolongkan dalam sebagian fase. Fase pertama dipertamai pada zaman kerajaan yang di pimpin oleh Airlangga. Airlangga yang saat bergelar CRIMAHARAJA RAKELAHU CRILO-KESWARA DHARMAWANGSA AIRLANGGA ANANTA WIKRAMA-TUNGGADEWA sudah sukses menjadikan satu beberapa daerah kerajaan Dharmawangsa yang sudah pecah-belah akibat dampak Sriwijaya. Sesuai sama kehidupan orang Hindu, Airlangga ingin penuhi kewajibannya yakni jadi pertapa, dan sebelumnya mengundurkan diri pada tahun. 1041 ia membagi kerajaanmenjadi dua sisi untuk ke-2 putranya.

Baca Juga :

Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Pantai Karang Nini

Dongeng Sunda – Asal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit

Mengenai pembagian kerajaan seperti berikut :

Sisi Timur : Kerajaan Jenggala denga ibukota Kahuripan mencakup daearah Surabaya, Malang dan Besuki.
Sisi Barat : Kerajaan Panjalu atau Kadiri mencakup daerah Kediri, Madiun dengan ibukota Dahapura.
Saat Airlangga jadi pertapa, Ia di kenal dengan nama JATIWINDRA atau MAHARESI GENTAYU sampai akhir hidupnya tahun. 1049. Abu jenasahnya dimakamkan dilereng Gunung Peanggungan.

Fase ke-2 yaitu di mana Kerajaan Kadiri berpertama. Selesai masa kerajaan Jenggala, berdirilah satu kerajaan bernama Panjalu dan populer dengan nama Dhaha, letak ibukotanya kurang lebih di kota Kediri saat ini. Pada pertengahan era ke-11 pertamailah histori kerajaan Kadiri, dengan SRI JAYAWARSA sebagai raja pertama yang memerintah pada tahun. 1104-1115 M. Raja Kadiri paling akhir yaitu KERTAJAYA yang memerintah pada tahun. 1185-1222 M, ia memerintah dengan sewenang-wenang sampai muncul pemberontakan yang melemahkan kerajaan. Seperti pertentangan-pertentangan pada Kertjaya dengan kelompok Pendeta.

Kelompok Pendeta menyingkir ke Tumapel (Ken Arok) dan setelah itu mengadakan pemberontakan. Penyerangan Tumapel (Ken Arok) pada tahun. 1222 sudah meruntuhkan kerajaan Kadiri, pertamailah tahta kerajaan diduduki oleh Ken Arok dan Kerajaan dipindah ke Singosari. Dalam saat kepemimpinan kerajaan Singosari, yang di pegang oleh Kertanegara, ada banyak kesuksesan yang dapat dicapai dalam pemerintahan Kartanegara itu, seperti :

  • Mempersatukan Nusantara
  • Pembinaan jadi Negara Maritim yang teguh
  • Menolong perubahan agama Syiwa dan Budha

Dengan mengembangnya kekuasaan Singosari, hal semacam ini menyebabkan keraguan negara-negara sekitarnya, lebih-lebih kerajaan Mongol (Cina) di bawah Kaisar Kubilai Khan, yang ingin merebut tanah air kita. Fase selanjutnya masuk mulai sejak dikuasainya Nusantara oleh pemerintahan Hindia Belanda. Pada tahun. 1906, berdasar pada Staasblad no. 148 tertanggal 1 maret 1906, mulai berlaku tanggal 1 April 1906 dibuat Gemeente Kediri sebagai tempat kedudukan Resident Kediri, karakter pemerintahan otonom terbatas dan telah memiliki Gemeente Road sejumlah 13 orang, yang terdiri atas 8 orang kelompok Eropa dan yang disamakan, 4 orang Pribumi (Inlander) dan 1 orang Bangsa Timur Asing, dan berdasar pada Stbl No. 173 tertanggal 13 Maret 1906 ditettapkan biaya keuangan sebesar f. 15. 240 dalam setahun, pada tanggal 1 Nopember 1928 berdasar pada Stbl No. 498 jadi Zelfstanding Gemeenteschap mulai berlaku tanggal 1 Januari 1928 (jadi otonom penuh).

Sejarah Asal Usul Kota Kediri Sesudah Belanda menyerah pada Jepang pada tanggal 10 Maret 1942, jadi Kota Kediri juga alami pergantian pemerintahan. Lantaran lokasi kerja Gemeente Kediri yang demikian kecil dan tugasnya begitu terbatas oleh pemerintah Jepang daerahnya diperluas jadi daerah kota saat ini daerah Kediri Shi dikepalai oleh Shicho. Kediri Shi terbagi dalam 3 Son dikepalai oleh Shoncho Son itu terbagi dalam sebagian Ku dikepalai Kucho Pemerintahan Kediri Shi di pimpin oleh seseorang Shicho (Walikotamadya) tak saja menggerakkan pemerintahan otonomi namun juga menggerakkan algemeen bestuur (Pemerintahan Umum). Cuma di bagian otonomi tak didampingi oleh DPRD. Wewenang penuh ditangan Kediri Shicho. Sesudah menyerahnya Jepang pada Sekutu, habislah histori Pemerintah Jepang di Kediri, jadi Pemerintah berpindah pada RI. Awal mula walikota Kediri didampingi oleh Komite Nasional Kotamadya, lalu daerah berkembang sesuai sama perundang-undangan yang berlaku.

Disclaimer : cerita diatas dikutip dari beberapa sumber yang ada , dan tidak bisa dijadikan untuk patokan. karna banyak versi lain mengenai cerita tersebut sorce : http://ngancati2.xyz/

Incoming search terms:

  • contoh hikayat kerajaan pendek
  • unsur ekstrinsik hikayat asal mula kota karanganyar
  • contoh hikayat kerajaan singkat
  • legenda bedugul
  • drama kisah kerajaan bali
Cerita Sejarah Asal Usul Kota Kediri Lengkap | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*