Ringkasan Cerita Rakyat Timun Mas Lengkap

ngancati.net – Timun mas adalah sebuah cerita rakyat yang menceritakan seorang perempuan tua hidup seorang diri dan sangat ingin mempunyai anak. Perempuan itu bertemu dengan raksasa dan si raksasa tadi memberikan sebuah timun untuk ditanam. Dan akhirnya perempuan tadi bisa mempunyai anak.

Tokoh cerita

Perempuan tua bernama Mbok Sarni

Timun Mas

Raksasa

Seorang Petapa

Cerita Rakyat Timun Mas Melawan Raksasa Jahat

Pada suatu hari di sebuah desa terpencil ada seorang wanita tua bernama mbok Sarni. Mbok Sarni hidup seorang diri tanpa ada satu pun keluarga. Karna merasa kesepian hidup sendiri mbok sarni sangat menginginkan memiliki buah hati untuk menemani kesehariannya. Di suatu waktu mbok sarni pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar , namun di tengah perjalanan mbok sarni bertemu dengan raksasa yang jahat. Raksasa tersebut menghadang mbok sarni. “hai wanita tua, mau kemana kamu”tanya raksasa jahat, “ aku hanya sekedar mencari kayu bakar raksasa, biarkan aku lewat” jawab mbok sarni.

Cerita Rakyat Timun Mas

“Tidak bisa, jika kamu ingin lewat kamu harus memberikan aku seorang anak bakal santapan makanku”. Mendengar ucapan raksasa tadi mbok sarni menjawab” saya seorang diri raksasa dan saya tidak mempunyai anak, kemudian mbok sarni meminta kepada raksasa untuk bisa memiliki anak. Raksasa jahat tersebut mengabulkan permintaan mbok sarni, namun ada suatu syarat  yang harus dipenuhi oleh mbok sarni.

Raksasa meminta “jika nanti kamu sudah mempunyai anak dan sudah berusia enam tahun, anak itu harus di serahkan kepadaku” mbok sarni menyanggupi keingginan raksasa tadi. Kemudian raksasa dengan kesaktianya memberikan mbok sarni biji timun mas. Raksasa meminta mbok sarni menanam biji tersebut di halaman rumahnya. Dan berkata “nanti kamu bisa memiliki anak”. Dua minggu setelah menanam biji timun mas, biji tersebut menjadi sebuah pohon yang sangat lebat dan berbuah. Ada satu buah yang tumbuh sangat besar dan berbeda dengan lainnya. Mbok sarni lantas mengambil buah timun mas tersebut. Betapa terkagetnya ternyata setelah membela buah tadi , isi buah timun mas tadi adalah seorang anak perempuan yang cantik. Mbok sarni kemudian memberi nama anak itu dengan nama Timun Mas. Mbok sarni sangat bahagia sekali dan merawat timun mas dengan penuh kasih sayang. Sampai akhir nya timun mas tumbuh dewasa dan bisa membantu keseharian mbok sarni. Semakin dewasa dan semakin sayang mbok sarni kepada anak nya.

Lanjut untuk membaca dongeng timun mas – Beranjak usia enam tahun raksasa jahat yang menginginkan seorang anak manusia datang ke rumah mbok sarni dan menagih janji nya.” Dimana anak itu, akan kujadikan santapan makan siang “. Dengan rasa ketakutanya mbok sarni meminta kepada raksasa tadi agar tidak membawa anaknya. Awalnya raksasa itu bersikeras ingin tetap membawa timun mas bersamanya, namun dengan usaha mbok sarni , mbok sarni membuat suatu siasat “hai raksasa, jangan bawa timun mas sekarang. Bawa saja nanti dua tahun lagi anak ini sudah semakin dewasa, tentu lebih nikmat untuk disantap”.

Baca Juga :

Dongeng Malin Kundang Anak Durhaka

Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir Dalam Bahasa Indonesia

Raksasa meng iyakan tawaran mbok sarni dan tergiur akan daging yang lebih mantap di dua tahun kedepan. Kemudian raksasa tadi pergi meninggalkan rumah mbok sarni dan tidak jadi membawa timun mas. Mbok sarni sadar telah membuat janji kepada raksasa jahat dan sangat kebinggung tak ingin melepaskan timun mas ke tangan raksasa tadi. Mbok sarni sangat menyayangi Timun Mas , timun mas adalah anak yang sangat baik dan juga cantik rupawan. Waktu dua tahun tentu sangatlah singkat bagi mbok sarni bersama orang yang disayangi nya.

Mbok sarni selalu berdoa terus menerus agar anak kesayangannya tidak diambil raksasa jahat. Pada suatu malam mbok sarni tertidur dan bermimpi, dalam mimpinya itu mbok sarni mendapat jawaban bagaimana cara agar Timun mas tidak di bawah raksasa. Mimpi itu menunjukkan kepada mbok sarni agar Timun Mas menemui seorang pertapa di gunung. Mendapatkan petunjuk dari mimpi keesokan harinya mbok sarni menyuruh Timun Mas menemui pertapa yang ada di mimpinya di sebuah gunung. “nak , temui seorang pertapa di gunung dia akan membantumu “kemudian Timun Mas menuruti permintaan ibunya dan segera pergi ke Gunung mencari Pertapa.

Sesampai di gunung Timun mas bertemu dengan pertapa yang dimaksudkan oleh ibu nya. Segeralah Timun mas menceritakan kejadian yang terjadi pada dirinya dan juga ibunya. Pertapa memberi Timun mas sebuah bungkusan kecil yang isinya adalah biji mentimun, jarum, garam dan terasi. “lemparkan satu persatu isi bungkusan ini jika suatu waktu raksasa datang ke rumahmu”kata pertapa. Kemudian Timun mas segera kembali kerumah dengan membawa bungkusan yang diberikan oleh pertapa tadi. Sesampai dirumah Timun mas bertemu dengan ibunya dan menceritakan nya. Kehidupan mereka kembali normal, sampai pada saatnya waktu perjanjian antara mbok sarni dan raksasa jahat tiba.

Kembali raksasa jahat mendatangi rumah mbok sarni , dengan penuh kemarahan serta tidak sabar menyantap Timun Mas. “ Dimana anak itu, serahkan padaku”ucap raksasa, akan tetapi mbok sarni tetap tidak ingin timun mas diambil raksasa. Mbok sarni tidak memberi tahu raksasa keberadaan timun mas. Sampai akhirnya raksasa sangat marah ,melihat kemarahan raksasa kepada mbok sarni, Timun mas keluar dari persembunyiannya “hei raksasa jangan sakiti ibuku, aku yang kau inginkan”.

“Tangkap aku raksasa jika kamu bisa”ucap Timun Mas, raksasa langsung mengenjar Timun mas. Timun mas lari masuk ke hutan dengan membawa bungkusan yang di berikan oleh pertapa. Sewaktu dikejar raksasa jahat timun mas melempaskan salah satu isi dari bungkusan yaitu biji timun mas, seketika itu biji yang dilemparkannya tumbuh menjadi sangat lebat dan dapat menghambat laju dari kejarang raksasa jahat.

Hal pertama tidak berhasil, raksasa mampu melepaskan dari jeratan tumbuhan timun itu dan kembali mengejar Timun Mas. Kali kedua timun mengeluarkan isi dari kantong tadi yaitu berupa jarum, seperti hal nya pertama seketika jarum yang dilemparkannya berubah menjadi pohon bambu yang sangat runcing. Raksasa menginjak bambu tersebut dan kakinya berdarah, meski dengan luka di kakinya raksasa tidak mau menyerah dan terus mengejar Timun Mas.

Yang ketiga Timun Mas melemparkan garam, seketika garam tersebut menjadi lautan yang luas dan menghambat laju raksasa, namun dengan kesaktian raksasa lautan tersebut dapat dilewatinya dengan mudah. Timun mas terus berlari dengan satu sisa di kantong yaitu terasi.  Degan rasa ketakutan dan terus berdoa kepada Tuhan , timun mas akhirnya melemparkan isi kantong yang terakhir. Terasi berubah menjadi sebuah kubangan lumpur yang hidup, raksasa yang melewati kubangan lumpur itu tidak bisa keluar dari lumpur dan tenggelam di telan lumpur hidup tersebut. Timun mas sangat bahagia karna bisa lolos dan selamat dari kejaran raksasa, dan kemudian Timun mas kembali ke rumah menemui mbok darmi. Hiduplah keluarga mereka dengan damai tanpa di ganggu oleh raksasa jahat.

Itulah dongeng cerita Rakyat tentang Kisah Mbok Darmi dan Timun Mas. Amanah yang dapat di ambil dari kisah tersebut adalah “ jangan pernah berjanji kepada orang jika kamu tidak sanggup menepati janji itu “. Itulah sedikit cerpen timun mas atau Juga cerita timun mas dan semoga dapat bermanfaat terimakasih.

Incoming search terms:

  • kesimpulan cerita timun mas
  • ringkasan cerita timun mas
  • unsur intrinsik timun mas dalam bahasa jawa
  • pesan moral dari cerita timun mas dalam bahasa inggris
  • cerita ikan mas dalam bahasa inggris
Ringkasan Cerita Rakyat Timun Mas Lengkap | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*