Cerita Rakyat Indonesia Keong Mas Lengkap

Ngancati.net – Cerita berikut adalah cerita dari masyarakat Jawa Timur yang menjadi suatu legenda. Menceritakan suatu kehidupan di sebuah kerajaan, di kerajaan tersebut terdapat dua orang putri yang sangat cantik. Namun salah satu dari putri tersebut mempunyai sifat iri kepada saudaranya.

Tokoh utama pada cerita.

Putri Candra Kirana yang baik hati.

Putri Dewi Galuh yang mempunyai sifat iri.

Raden Inu Kertapati sosok pangeran yang tidak mudah putus asa.

Legenda Keong Mas Bersama Pangeran Tampan

Cerita Rakyat Keong Mas dan Mbok Sarni

Pada jaman dahulu ada sebuah kerajaan nan makmur, kerajaan tersebut di pimpin oleh Raja Kertamarta. Raja hidup bersama dua orang putri yang cantik jelita, putri tersebut bernama Candra Kirana dan Dewi Galuh. Kehidupan megah dan serba kecukupan membuat kedua putrinya merasa nyaman dan kehidupan mereka sangatlah bahagia. Pada suatu hari kehidupan kerajaan mulai berubah semenjak kedatangan pemuda tampan dari kerajaan Kahuripan datang ke Daha. Maksud dari pemuda tersebut adalah ingin mempersunting salah seorang putri dari kerajaan Daha. Pemuda tampan itu bernama Raden Inu Kertapati. Saat tiba di kerajaan Daha Raden Inu mendapat sambutan yang sangat baik dari baginda raja Daha bersama kedua putri dan para prajurit kerajaan.

“Mohon izin baginda raja, nama saya Raden Inu Kertapati dari kerajaan Kahuripan. Maksud kedatangan hamba kesini adalah ingin melamar putri baginda Raja”. Mendengar ucapan dari pemuda itu kedua putri raja mendadak gelisah, bertanya tanya siapa di antara mereka berdua yang akan dilamar pemuda tersebut. Dewi galuh sangat menginginkan pemuda tersebut melamarnya namun hal berbeda dialami Candra Kirana yang merasa ciut, dan menyangka pemuda itu akan melamar Dewi Galuh.

“Saya terima maksud kedatanganmu hai anak muda, aku mempunyai dua anak Putri yang cantik, maksud kamu ingin melamar putriku siapa?” sahut baginda raja. “Candara Kirana Baginda Raja”. Kemudian raja menyetujui keinginan raden Inu Kertapati dan langsung merencanakan waktu yang baik untuk mengelar pesta pernikahan anak nya. Candra Kirana sangat bahagia mendengar kabar tersebut , namun di sisi lain Dewi Galuh sangat kesal. Dewi galuh  beranggapan bahwa dialah yang seharusnya menikah dengan raden Inu Kertapati.

Merasa tidak senang dengan keputusan tersebut Dewi galuh mempunyai niatan yang jahat yaitu ingin mencelakakan Canda Kirana saudaranya sendiri. Suatu hari Dewi galuh pergi ke sebuah hutan untuk menemui nenek sihir, sesampai di hutan dewi galuh lantas mengutarakan apa yang di inginkan nya ke nenek sihir. Dewi galuh menginginkan agar pernikahan saudaranya tidak akan terjadi. Nenek sihir yang jahat mengabulkan permintaan dewi galuh.

Dengan kesaktiannya nenek sihir itu lantas memantrai Candra Kirana, seketika Candra Kirana berubah wujud menjadi seekor keong Mas. Dan tak seorang pun tahu apa yang dialami nya kecuali dewi galuh dan nenek sihir. Seusai dari rumah nenek sihir, Dewi galuh pulang ke rumah dan mencari Candra Kirana yang telah menjadi Keong Mas. Lama mencari akhirnya Dewi Galuh menemukan Keong Mas. “Rasakan Kamu Candra kirana menjadi Keong, Kamu tidak akan bisa menikah dengan pangeran Inu Kertapati. Aku yang akan menggantikanmu menikah dengan Inu Kertapati ” ucap Dewi Galuh.

Lanjut untuk membaca legenda keong mas – Keong Mas di bawah Dewi Galuh ke sebuah sungai dan di hanyutkan lah keong mas ke sungai itu. Mendadak seisi istana menjadi gempar, karna Candra Kirana mendadak menghilang. Beberapa hari berlalu , Raden Inu Kertapati datang ke kerajaan Daha dengan maksud memperjelas maksud kedatangannya kemarin. Sampai di istana baginda raja menceritakan pada raden Inu Kertapati jika Candra Kirana menghilang. Lama berbicara terucap dari mulut baginda raja” Candra kirana menghilang sedangkan pesta pernikahan kalian sebentar lagi , maukan kamu saya jodohkan dengan putriku yang lain” ucap raja. Dengan nada sopan raden Inu kertapati menolak keinginan raja. Raden Inu Kertapati berkata “ mohon maaf baginda raja, hamba akan mencari Candra Kirana sampai ketemu”.

Baca Juga :

Cerita Rakyat Dari Jawa Barat Lutung Kasarung

Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir Dalam Bahasa Indonesia

Beberapa hari setelah hanyut di sungai keong mas tiba-tiba masuk ke dalam sebuah jaring. Jaring tersebut adalah milik seorang nenek Nenek tua yang sedang mencari ikan. Lama menunggu nenek itu mengangkat jaringnya dan tak seekor ikan ia dapat , melainkan hanya keong mas yang nyangkut di jaringnya. Kemudian Nenek itu memasukkan keong mas dan membawanya pulang ke rumah. Di rumah keong mas terlihat sangat bersinar dan berbeda dengan keong yang lain nenek senang melihatnya dan merawat keong tersebut. Nenek yang tinggal seorang diri dan pekerjaan setiap harinya hanya mencari ikan untuk ia makan.

Keesokan harinya sang nenek kembali pergi ke sungai untuk mencari ikan. Keong mas yang di tinggalkan di rumah tiba-tiba berubah wujud menjadi putri yang cantik ,dengan maksud ingin membantu nenek yang telah menolongnya ia bermaksud membuat makanan. Nanti jika nenek pulang sudah tersedia banyak makanan di meja nya. Nenek yang berada di sungai menunggu hasil tangkapan nya dan tak kunjung dapat ikan. Kemudian sang nenek memutuskan untuk pulang ke rumah.

Sampai nenek di rumah ia menaruh jaring dan masuk ke dalam rumah, begitu terkejutnya sang nenek melihat banyak makanan ada di meja nya. Bertanya tanya siapa yang menaruh makanan di meja. Nenek itu sangat senang dan bersyukur ada orang yang membantunya. Tiba esok hari melakukan aktifitasnya mencari ikan di sungai. Kembali keong mas berubah wujud menyiapkan makanan untuk sang nenek. Nenek yang pulang ke rumah kembali terkejut , setiap hari di hari berikutnya pun sama setiap pulang sudah banyak makanan di meja nya. Hingga pada suatu hari nenek ingin tahu siapa yang menaruh makanan di meja nya.

Sang nenek pergi membawa jaringnya namun kali ini ia tidak pergi ke sungai, ia memperhatikan rumahnya dari kejauhan. Dari kejauhan  terlihat ada seorang wanita cantik berada di dapurnya, tak lain wanita itu adalah keong mas yang berubah wujud menjadi wanita cantik. Dengan rasa sedikit takut sang nenek mendatangi keong mas, dan bertanya “siapa kamu”. Keong mas yang sedang memasak terkaget akan kedatangan sang nenek. Dan kemudian Keong Mas menceritakan kejadian yang menimpa diri nya kepada sang nenek. “aku Candra kirana nek putri dari kerajaan Daha, saudara ku mencelakakan ku dengan menyuruh penyihir mengubah wujud tubuhku menjadi seekor Keong Mas”. Tapi kenapa, ucap nenek “ saudaraku iri denganku , karna aku akan menikah dengan seorang pangeran yang dia juga menginginkan hal itu. Sang nenek sangat kasihan Mendengar cerita keong mas , dan menyuruhnya tetap tinggal bersamanya.

Penyihir jahat yang mengetahui Raden Inu masih bersikeras mencari Candra Kirana lantas mengirimkan burung gagak. Raden inu yang bertemu burung gagak itu mengira bahwa burung tersebut sangatlah baik, karna memberi petunjuk kepadanya. Namun ternyata raden inu tak menyadari bahwa  burung tersebut memberikan informasi yang salah kepada Raden inu.

Raden inu yang sekian lama mencari keberadaan Candra Kirana tak patah semangat, ia terus mencari dan mencari di temani burung gagak tadi. Di suatu jalan dalam pencariannya, Raden Inu bertemu dengan kakek kakek tua yang sedang kelaparan. Raden Inu mendatangi kakek itu dan memberikannya makanan. “terima kasih nak” ucap kakek, “ kau nampak gelisah, apa yang sedang terjadi padamu”. Raden Inu menjawab” aku sedang mencari calon istriku kek, dia tiba-tiba menghilang saat kita akan menikah”. Tanpa di sadari oleh Raden Inu ternyata kakek tersebut adalah jelmaan orang sakti yang sedang berpura-pura. Kakek tua itu melihat burung gagak yang menemani Raden inu, tak pikir lama kakek tua langsung memukul burung gagak utusan penyihir. Burung gagak seketika hilang seusai di pukul sang kakek.” kenapa kakek memukul burung itu” ucap raden inu . “Burung tersebut adalah suruan penyihir nak, burung itu akan menyesatkanmu”. Kemudian lama sang kakek bercerita tentang apa yang sedang terjadi padanya.

“ Temui calon istrimu nak, dia sedang berada di suatu desa. Dia tinggal bersama seorang nenek tua “. Mendapat petunjuk dari sang kakek , Raden Inu langsung mendatangi rumah nenek nenek yang di maksudkan oleh kakek tadi. Dan benar ternyata raden inu melihat Candra Kirana berada di rumah sang nenek. Begitu bahagia mereka berdua bisa bertemu. Pertemuan Raden Inu dan Keong Mas membuat kutukan yang di alaminya berakhir. Keong mas berubah seutuhnya menjadi wanita cantik seperti semula. Pada akhirnya mereka kembali ke istana melangsungkan pernikahan yang tertunda, dan hidup bahagia. Sedangkan saudara nya Dewi Galuh mendapat hukuman yang setimpal yaitu di buang ke tengah hutan. Itulah kisah legenda Keong Mas..

Amanah yang dapat diambil adalah “perbuatan jahat pasti akan mendapat balasan yang setimpal”.Itulah tadi sedikit cerita keong mas dan mbok sarni.

Incoming search terms:

  • ringkasan cerita keong mas
  • sinopsis keong mas
  • kesimpulan cerita keong mas
  • unsur intrinsik keong mas dalam bahasa jawa
  • kesimpulan dari cerita keong mas
Cerita Rakyat Indonesia Keong Mas Lengkap | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*