Cerita Sejarah Asal Usul Kota Semarang Lengkap

Asal Usul Kota Semarang Berikut ini adalah sebuah cerita singkat mengenai kota semarang, Apakah anda sudah tahu tentang cerita tersebut??Untuk yang belum tahu silahkan simak cerita sejarah tentang asal usul kota semarang. Jangan sampai anda sering berkunjung atau bahkan orang semarang tidak mengetahui sejarah kotanya sendiri..

Kota Semarang merupakan kota metropolitan paling besar ke lima di Indonesia, sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sekitaran 2, 5 juta jiwa hidup di kota yang luasnya 373 km2 ini. Kota Semarang mempunyai kisah histori yang sangat panjang. Kisahnya bahkan juga diprediksikan diawali mulai sejak era ke-6 Masehi. Berikut kami sajikan untuk anda yang sedang mencaritahu bagaimana asal usul kota Semarang dan perubahannya sampai sekarang ini, simaklah uraiannya yang kami intisarikan dari bebrapa sumber, di bawah ini.

asal usul kota semarang

Asal Usul Kota Semarang Dimulai pada sekitaran era ke-6 Masehi. Pada saat itu, kota yang saat ini ditempati oleh 2, 5 juta jiwa itu dulunya merupakan daerah pesisir bernama Bergota, satu daerah pesisir laut sisi dari kerajaan Mataram Kuno. Di pesisir Bergota ini, ada banyak gugusan pulau kecil yang karna ingindapan, gugusan pulau-pulau itu lalu menyatu membuat daratan yang cukup luas. Bersamaan perubahan jaman, pada saat kekuasaan kerajaan Demak, seseorang pangeran bernama Raden Made Pandan diutus untuk menebarkan ajaran Islam di lokasi Bergota ini.

Ia dan putranya, Raden Pandanarang merupakan dua ulama bangsawan yang begitu di terima oleh orang-orang Bergota yang saat itu masih memeluk agama Hindu Budha. Kehadiran kedua ulama itu juga membawa pergantian besar untuk perkembangan Bergota. Bergota sebagai asal usul Kota Semarang ini sebelumnya kehadiran Raden Made Pandan merupakan daerah yang sepi dan masihlah ada banyak hutan. Daerah ini dulunya tak dapat ditanami oleh tanaman pangan karna airnya berasa payau. Tetapi sesudah kehadiran Raden Made Pandan dan putranya, lewat pengetahuan irigasi yang dipunyai, daerah ini lalu disulap jadi areal pertanian yang subur. Pesatnya perubahan dakwah Islam dan suburnya tanah Bergota, perlahan-lahan namun tentu sudah mengundang beberapa orang untuk datang dan menetap disana.

Baca Juga :

Ringkasan Cerita Legenda Asal Usul Kota Surabaya

Cerita Sejarah Asal Usul Kota Kediri Lengkap

Daerah sebagai asal usul Kota Semarang ini lalu ramai dan ditempati banyaknya pendatang dari semua pelosok kerajaan Demak. Seiring berjalannya waktu berlalu, Raden Made Pandan lalu berangsur sepuh dan pada akhirnya meninggal dunia. Sejak wafatnya Sang Raden, daerah pertanian Bergota lalu mulai ditumbuhi banyak pohon asam Jawa. Lihat fenomena ini, putranya dan orang-orang sekitaran lalu merubah nama Bergota jadi Semarang. Kata Semarang sendiri datang dari 2 kata yakni Asem dan Arang yang bermakna pohon asem yang tumbuh bebrapa tidak sering.

Nama Semarang lalu mulai di kenal dan menebar sampai saat ini. Mulai sejak pergantian nama itu juga, Semarang jadi semakin ramai. Bertepatan dengan Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 954 H atau 2 Mei 1547, nama Semarang lalu disahkan Sultan Hadiwijaya (Sultan Pajang) sesudah ia berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga. Tanggal 2 Mei ini lalu saat ini diputuskan sebagai hari jadi Kota Semarang dan diperingati tiap-tiap tahun sampai saat ini.

Itulah tadi sedikit cerita tentang asal usul kota Semarang. Kota yang saat ini jadi begitu ramai karena layanan Raden Made Pandan dan putranya Raden Pandanarang. Jangan lupa untuk membaca cerita asal usul menarik lainnya di website ini. Terimakasih.

Incoming search terms:

  • asal usul harimau menurut islam
  • unsur unsur intrinsik legendha asal usul tembalang
  • amanat cerita asal usul kota semarang dalam bahasa jawa
  • sejarah harimau menurut islam
  • jaman paprentahan kraton
Cerita Sejarah Asal Usul Kota Semarang Lengkap | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*