Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo

Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo

Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo 

Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo  – Pada zaman dulu hiduplah sepasang pengantin baru menyelenggarakan pernikahannya. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati yang berasal Gunung Kawi, dan mempelai pria bernama Raden Baron Kusuma berasar dari Gunung Anjasmara. Sesudah umur pernikahan mereka mencapai 36 hari atau dimaksud selapan (dalam bahasa Jawa), Dewi Anjarwati mengajak suaminya ke Gunung Anjasmara,tempat asal suaminya.

Tetapi orang tua Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai untuk pergi, karna umur pernikahannya baru berumur 36 hari (selapan). Namun keduanya bersikeras pergi dengan kemungkinan apa pun yang terjadi di perjalanan.

Kepergian Raden Baron Kusuma dan Dewi Anjarwati diiringi oleh empat pembantu setianya. Mereka membawa buah-buahan untuk orang tua Raden Baron Kusuma. Saat siang hari di perjalanan, Dewi Anjarwati merasa haus dan minta suaminya mencarikan air minum. Ditemani seseorang pembantunya, Raden Baron Kusuma pergi mencari air minum. Disamping itu tiga pembantu yang lain menunggui Dewi Anjarwati.

Baca Juga :

Tidak berapakah lama, Raden Baron Kusuma menemukan satu sungai kecil. Karna airnya yang jernih, ia penasaran untuk mencari mata airnya. Lantas terdengar nada gemericik air yang semakin keras, nyatanya datang dari satu air terjun (coban) yang cukup tinggi. Ia lalu mandi di coban itu. Pada akhirnya, ia kembali dengan membawa air minum yang disuruh Dewi Anjarwati.

Cerita singkat asal usul air terjun coban rondo Saat Raden Baron Kusuma mendatangi Dewi Anjarwati, ia dikagetkan dengan hadirnya Joko Lelono yg tidak jelas dari mana asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono tertarik dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berupaya untuk merebutnya dari Raden Baron Kusuma. Perkelahian pada Joko Lelono dengan Raden Baron Kusuma tidak bisa dihindarkan lagi. Pada beberapa pembantu (punakawan) yang mengikuti kedua mempelai itu, Raden Baron Kusuma berpesan supaya Dewi Anjarwati disembunyikan di satu tempat yang ada Cobannya (air terjun).

Perkelahian pada Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berjalan sengit dan kemudian mereka berdua pada akhirnya tewas. Alhasil membuat status dari Dewi Anjarwati menjadi janda (dalam bahasa Jawa : rondo). Mulai sejak waktu tersebut Coban atau air terjun yang jadikan sebagai tempat persembunyian Dewi Anjarwati di kenal dengan sebutan Coban Rondo (air terjun janda). Konon batu besar dibawah air terjun adalah tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya.

Itulah tadi sedikit cerita mengenai Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo dan semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih.

Incoming search terms:

  • sinopsis tangkuban perahu
  • sejarah carpon
  • conto carita wayang
  • sinopsis carpon halis pasir
  • cerita bahasa jawa sage sunan kalijaga
Cerita Sejarah Sinopsis Singkat Asal Usul Coban Rondo | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*